Senin, 02 Agustus 2010

Diam, Dengarkan dan Taati supaya kamu dirahmati

Ansitu, wasma'u wa'atihi'u la'allakum turhamun..

Kalimat diatas selalu dibaca oleh Bilal ketika sholat jum'at. Ada pesan yang begitu dalam yang disampaikan dari kalimat tersebut, secara bahasa kalimat tersebut bermakna diamlah, dengarkan dan taati/laksanakan agar kamu sekalian dirahmati Allah.

Harusnya memang kita selalu berusaha mengamalkan pesan tersebut alam konteks sebagai apapun diri kita, entah apa memang karena saking seringnya diperdengarkan sehingga kalimat diatas seakan hanya menjadi seruan tanpa makna, setidaknya saban seminggu sekali kita semua mendengar pesan tersebut tetapi hampir setiap diri kita abai mengamalkan pesan tersebut.



Mungkin kita merasa bahwa untuk diam, mendengarkan dan mentaati adalah sesuatu yang sangat sederhana dan begitu mudah dilakukan tetapi faktanya tidak banyak orang yang mampu melakukan itu. Manusia lebih sering banyak bicara daripada diam, lebih suka membantah dan mendebat atau sekedar mendengar (krungu) tanpa bisa mendengarkan (ngrungokne) untuk bisa diam saja susah apalagi untuk mau mendengarkan.

Ada perbedaan mendasar antara mendengar dan mendengarkan, mendengar (krungu) hanya sebatas melibatkan telinga sebagai alat namun ketika manusia mendengarkan maka ia tidak hanya melibatkan indera pendengar tetapi juga hati dan pikirannya. Lalu apakah jika kita sudah tidak bisa lagi mendengarkan maka itu berarti bahwa hati dan pikiran kita telah mati..? bisa jadi..!!

Pada tahap terakhir dari proses menuju rahmat adalah agar kita mau mentaati/melaksanakan. Mentaati dan melaksanakan dari apa yang sudah kita dengarkan.
jika saja setiap insan di negeri ini bisa diam, mendengarkan dan mentaati maka sudah pasti tiap-tiap insan itu akan mendapatkan rahmatNya dan pada puncaknya maka negeri ini juga akan dirahmati olehNya.

subhana4JJI....

4 komentar:

Unknown mengatakan...

. nice post gan

Unknown mengatakan...

Bermanfaat gan post nya

Unknown mengatakan...

Bermanfaat gan post nya

Unknown mengatakan...

Sedikit ulasan tsb akan sangat bermanfaat bagi siapapun ingin " Mengerti "