Minggu, 28 Februari 2010

Refleksi Maulid Nabi Muhammad SAW

Sudah begitu banyak buku dan riwayat yang mencoba menjelaskan tentang pribadi Rasul Muhammad SAW, namun semua upaya tersebut terasa belum cukup untuk memberikan gambaran utuh profil Rasul mulia yang telah mengeluarkan manusia dari kejumudan dan kegelapan menuju cahaya. Jalan yang menjanjikan keselamatan bagi siapapun yang mengikutinya, keselamatan dengan sepenuhnya baik dunia maupun akhirat.



12 Rabi'ul 'awal menjadi hari/tanggal yang amat bersejarah bagi ummat pengikut Rasul Muhammad karena pada hari itulah beliau dilahirkan, saking istimewanya hari tersebut hingga banyak ummat muslim yang tiap tahunnya tak pernah absen untuk memperingatinya meskipun sebenarnya Rasul sendiri tak pernah mengajarkan untuk itu. Terlepas dari kontroversi antara bid'ah atau tidaknya peringatan Maulid Nabi Muhammad bagi saya yang lebih penting adalah bagaimana kita merefleksikan maulid Nabi tersebut.

Dalam surat al Jum'ah ayat 02 setidaknya ada tiga pencerahan yang dilakukan Muhammad untuk membangun ummat Islam. Pertama, pencerahan spiritual. Kedua, pencerahan intelektual. Ketiga, pencerahan moral.

Tidak ada komentar: